SanLat Ramadhan 1429 H – (Part 2)

Ba’da duhur, sesi ke dua dimulai. Para peserta mengawalinya dengan tilawah Al Qur’an. Setelah 30 menit tilawah agenda dilanjutkan lagi dengan pemutaran film kartun Ramadhan Upin & Ipin. Film kartun produksi negeri jiran itu menceritakan tentang pengalaman puasa dua saudara kembar yang masih kecil bernama Upin & Ipin. Peserta antusias sekali mengikuti acara ini. Tiap episode berdurasi sekitar 4-6 menit. Dalam kesempatan ini diputar sekitar 9 episode yang dibagi dalam 3 waktu. Pada waktu pertama diputar 3 episode.

Setelah pemutaran 3 episode Upin dan Ipin kemudian dilanjutkan denagan acara “disco” ( diskusi dan conselling) mengenai Gazwul Fikri (Perang pemikiran). Kemasan yang digunakan panitia dalam acara ini sedikit berbeda. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang kemudian masing-masing kelompok dipandu oleh seorang pembina melakukan diskusi mengenai tema di atas.

Diskusi berlangsung hingga waktu Ashar tiba. Dan selepas Ibadah sholat ashar, acara pemutaran Upin & Ipin episode 4 hingga 6 diikuti dengan asyik oleh seluruh peserta. 

Acara kembali berlanjut pada kesan dan pesan, peserta di minta menuliskan kesan dan pesannya serta harapannya juga kritik dan saran terhadap jalannya acara sanlat kali ini. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh feedback dari peserta mengenai jalannya acara. Bermacam-macam tanggapan yang diberikan oleh peserta, Alhamdulillah sebagian besar peserta merasa senang dan berharap acara seperti ini sering di gelar guna menambah wawasan keagamaan mereka. 

Selain itu banyak pula yang mengomentari asyiknya Upin & Ipin terutama dari adik-adik peserta dari bangku Sekolah Dasar. 🙂

Setelah kesan dan pesan selesai, Upin & Ipin kembali beraksidi layar proyektor berukuran 1.5 x 1.5 m yang ada di depan. Dan gelak tawa pun kembali pecah saat film diputar.

Hari semakin sore, menjelang magrib peserta dan juga panitia melakukan doa bersama dan muhasabah yang dipimpin oleh Ka’ Martono.  

Tak lama setelah doa dan renungan, kumandang magrib bergema menandai dihalalkannya makanan bagi yang berpuasa. Minuman dan makanan pembuka dihidangkan oleh panitia dan segera diserbu para peserta. Dan acara diakhiri dengan  makan nasi kotak setelah sebelumnya semuanya panitia dan peserta menjalankan ibadah sholat magrib berjama’ah. [dwi yisc]

Iklan

5 responses to “SanLat Ramadhan 1429 H – (Part 2)

  1. YISC……….T O P BANGEDT………….
    ayu seneng banget bisa join sama YISC. ga rugi deh….
    udah dapet temen baru yg keci-keci n gokiel-gokiel, dapet ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya yang pasti berrrrMANFAAT bwt hidup kita…juga…. kakak-kakak pembinanya…..hm….caem-caem loh….(He,,,kakak pembina jangan GRRRRR ywaaa…..)

    POKOKnya assssYYYik bGT join sama YISC….
    Oh ya…kapan nih YISC halalbihalalnya….kangen nih pengen ngumpul lagi….

    pokoknya lagi,,,THANKSSSS BgT buat YISC yang udah membimbing kita para anak muda yang agak-agak slenge’an ini menjadi anak muda yang lebih mencintai ALLAH SWT…THANKSSSSSS Bgt….

  2. Review dah Oke, tapi kok jadi sepi animasi dan gambar….???
    dan yang Artikel beri dikit image, yang mendukung artikelnya…
    heee…

  3. tuk Rahayu
    makasih dah gabung dan ditunggu ya agenda kita berikutnya..
    ALLAHU AKBAR

    tuk Muhendrik
    lha gabarnya kan masih di kamera panitia lum dikirim ke admin he..he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s