Tips Berpakaian Yang Syar’i

Siapa nggak pengin tampil cantik dan keren atau bergaya sich…
eit tapi kudu tahu rambu – rambu syar’i nya lho…
Mau tahu …?
ikuti tips ini, “cara berpakaian dan berhias yang syar’i…”

1. Pakaian kudu menutup…
Hal ini merupakan kriteria pakaian syar’i yang kudu kamu perhatikan,bahwa pakaiaan tersebut harus menutup aurat,yaitu longgar tidak membentuk lekuk tubuh dan tebal sehingga tidak memperlihatkan apa yang ada dibaliknya,and julurkan jilbabmu hingga dibawah dada kamu,ni khusus untuk akhwat lho, tapi jangan lupa juga ya bahwa ikhwan juga harus menjaga auratnya lho….jangan sampai kita berpakaian tapi pada hakekatnya telanjang, tahu maksudnya-kan, Ya, itu ketika seseorang mengenakan pakaian trasparan atau karena saking tipisnya kain,hingga membentuk apa yang ada dibalik pakaian tersebut.

2. Nggak tasyabuh
Artinya menyerupai sesuatu,dalam hal ini, pakaian yang dikenakan laki – laki tidak boleh menyerupai pakaian perempuan atau sebaliknya. Tidak pada tempatnya wanita muslimah mengenakan pakaian yang biasa dipakai oleh kaum pria,pun sebaliknya. dari Al – Hadist. Dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu ia menuturkan,’’ Rosulullah melaknat (mengutuk )kaum laki – laki yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum laki – laki ,’’ (Riwayat Al- Bukhari )

3. Bukan untuk Fashion Show
Pakaian yang kita gunakan tidak untuk tenar,artinya kita mengunakan pakaian untuk disanjung dan dipuji orang,karena hal ini tidak dibenarkan oleh syariat. Rosulullah SAW. Bersabda,’’ Barang siapa yang menggunakan pakaian ketenaran didunia niscaya Allah SWT.akan mengenakan padanya pakaian kehinaan dihari kiamat,’’(Riwayat Ahmad dan dinilai hasan oleh Al – Bani)

4. Ga’ Bergambar
Nah, kamu yang menyenangi pakaian bergambar,meski menghindari gambar makhluk ataupun salib.Hal ini masuk dalam kawasan terlarang.dari AL- Hadist,’’Rosulullah SAW. Tidak pernah membiarkan pakaian yang ada gambar salibnya melainkan Nabi menghapusnya. (Riwyat Al – Bukhari dan Ahmad) 

Nah…,ini tips khusus untuk ikhwan…..

  • Ikhwan dikhususkan tidak menggunakan perhiasan emas dan kain sutera kecuali dalam keadaan terpaksa. Hadist bersumber dari Ali Radhiallahu’anhu,’’Sesungguhnya Nabi Allah SWT.pernah membawa kain sutera ditangan kananya dan emas ditangan kirinya,lalu beliau bersabda,’’Sesungguhnya kedua benda ini adalah haram bagi laki – laki dari umatku, (Riwayat Abu Daud)
  • O…I ya,ukuran panjang pakaian ikhwan tidak boleh melebihi kedua mata kaki lho…,karena Rosulullah SWT. bersabda,’’Apa yang berada dibawah kedua mata kaki dari kain itu didalam neraka,’’ (Riwayat Al- Bukhari )

  • Sebaiknya pilih warna putih ya… Disunahkan bagi ikhwan memakai pakaian berwarna putih,dari Al –Hadist,’’Pakailah yang berwarna putih dari pakaianmu,karena yang putih adalah terbaik dari pakaian kamu,’’ ( Riwayat Ahmad )

    Lain – lainnya…Disunahkan menggunakan parfum bagi laki – laki dan perempuan,kecuali bila keduanya dalam keadaan berihkram untuk haji dan umroh,atau jika seseorang perempuan sedang beriddah (berkabung ) atas kematian suaminya,atau jika ia berada disuatu tempat yang ada laki – laki asing ( bukan muhrimnya ) maka tidak boleh memakai parfum karena konteks laranganya shahih.

 

Dan ini tips khusus bagi Akhwat…

  • Kamu jangan menyemir rambut dengan warna hitam,Rosulullah SAW. Telah mengingatkan kita .’’Kelak di akhir zaman akan ada suatu kaum yang memwarnai rambutnya dengan warna hitam seperti sekumpulan burung dara,mereka tidak akan memcium bau surga,’’(Riwayat Abu Daud )

  • Menyemir rambut diperbolehkan tapi hindari warna hitam,tapi jangan sampai kelewat batasan yakni menyerupai kaum kafir, mendingan uang tuk beli semir buat infak aja yach..,biar nambah pahala.
  • Dan ingat,kamu jangan sekali – kali melakukan tato dikulitmu,menipiskan bulu alis,memotong gigi,supaya kamu terlihat cantik dan bersanggul (menyambung rambut ),karena Rosulullah SAW,bersabda :,’’Allah SWT.melaknat/ mengutuk wanita pemasang tato dan yang mintai tatoi,wanita yang menipiskan bulu alisnya dan wanita yang meruncingkan giginya supaya kelihatan cantik.(mereka )mengubah ciptaan Allah,’’

Dan jangan lupa kalau kita mau mengenakan pakaian baru dengan berdoa 
Allohummalakalkhamdu anta kasautaniih,asalukaminkhoirihi wa khoiri maa shuningalah,wa a’ngudzubika min syarihi wa shyarhi maa shuningalah. ‘’Ya Allah, hanya milik- Mu segala puji.Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku.Aku mohon kepada – Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan karenanya .Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia ciptakan karena – Nya,’’ (Riwayat Abu Daud dan dihasan oleh Al bani )

Semoga ini bermafaat dan menambah ilmu kita,Ada benar itu dating dari Allah dan kesalahan itu bersumber dari manusia,Allahu A’lam. (Yanti YISC )

Iklan

3 responses to “Tips Berpakaian Yang Syar’i

  1. benarkah…? kìta sendiri pernah mengalami kisah seperti gadis dan situkang jagal itu,tapi pernahkah kita merasa takut pada Allah,kalau kita sedang di landa virus merah jambu?

  2. Memang sulit jika sudah kena “si merah jambu” tapi InsyaAllah kalau kita memiliki teman dan lingkungan yang baik, yang senantiasa saling mengingatkan, kita akan lebih terjaga 🙂
    Yuk saling mengingatkan…

  3. Mohon maaf ini saya baca tadi ada kesalahan pada saat situ jelasin tips untuk ikhwan. Itu Nabi Allah Subhaanahuwata’aala apa Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Dan itu bukan Rasulullah SWT tapi Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam . Mohon maaf ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s