Dengan Teknologi & Informasi Dunia dalam Genggaman

Materi ini disampaikan oleh ustad Zaenal Arifin, S.Ag. dalam kajian bulanan YISC pada tanggal 01 Maret 2009, di kampus TPA Al – Barokah Kragilan.

Potensi Umat Islam

ustad Zaenal Arifin, S.Ag.

ustad Zaenal Arifin, S.Ag.

Sesungguhnya umat islam memiliki potensi besar yang pada umumnya tidak dimiliki oleh system lain yang ada. Potensi yang pertama adalah potensi syariah / peraturan yang lengkap. Mencakup seluruh aspek kehidupan. Syariyah ini tertuang dalam Al –Quran dan As- Sunah, Sabda Rosulullah saw.

‘’ Aku tinggalkann bagi kaliandua perkara, Kalian tak akan pernah tersesat selama kalian berpegang teguh kepada keduanya, (yaitu ) kitabullah dan sunah rasul-Nya (Al – Hadist )

Sedangkan potensi yang kedua adalah karunia Allah berupa kekayaan alam yang hamper sebagian besar ( 65% ) berada dinegeri – negeri muslim.

Selain itu umat Islam memiliki potensi dalam segi kuantitas maupun kualitas, namun terlebih adalah segi kualitasnya. Umat Islam juga telah mendapatkan jaminan kemenangan dariAllah Swt. Sebagaimana firman-Nya:

‘’Dialah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa peunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama, meskipun orang – orang musrik benci.’’(Q.S. 61 :9)

Termasuk salah satu potensi yang dimiliki umat Islam adalah sejarah Islam yang penuh dengan kejayaan, yaitu sejak masa Rasulullah bersama para sahabat, sampai berabad – abad setelahnya.Islam juga telah melahirkan para ilmuwan besar dalam sejarah, seperti Ibnu Sina (Avecenna ), Ibnu Rusyd (Averroes ),Al- Khawarizmi dan lain – lain, yang bias menjadi motivasi kita mempelajari ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Keadaan Umat Islam Sekarang

 

Kak Muhendrik dan Kak Yaser

Kak Muhendrik dan Kak Yaser

Fakta menunjukan bahwa ngara maju dan berkembang itu tidak dipengaruhi oleh factor usia Negara tersebut ,Contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin)

Di sisi lain –Singapura, Kanada, Australia & New Zealand– negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia, dan penduduknya tidak lagi miskin .Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin . Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya, 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan .Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami.

Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan .Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting. Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju/kaya di Eropa

Lalu……. apa perbedaannya?

Perbedaannya adalah pada sikap/perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut.

1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
2. Kejujuran dan integritas
3. Bertanggung jawab
4. Hormat pada aturan & hukum masyarakat
5. Hormat pada hak orang/warga lain
6. Cinta pada pekerjaan
7. Berusaha keras untuk menabung & investasi
8. Mau bekerja keras
9. Tepat waktu

Di negara terbelakang/miskin/ berkembang, hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut . Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.

Kenapa Kita Menjadi Negara Terbelakang ???……

Kita terbelakang/lemah/miskin karena perilaku kita yang kurang/tidak baik. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat, ekonomi, dan negara.

Jika Anda tidak meneruskan pesan ini, tidak akan terjadi apa-apa pada diri Anda!!!

Hewan peliharaan Anda tidak akan mati, Anda tidak akan kehilangan pekerjaan, Anda tidak akan mendapat kesialan dalam 7 tahun, juga Anda tidak akan sakit.

Jika Anda mencintai negara kita, teruskan pesan ini kepada teman-teman Anda. Biarlah mereka merefleksikan hal ini.

Kita harus mulai dari mana saja. Kita ingin BERUBAH dan BERTINDAK! OK SIAP….

(Ciruas, 01 Maret,2009 by Yanti )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s